Hikayat Sastra Melayu dengan sejuta pesan moral penting

Hikayat, Sastra Melayu dengan sejuta pesan moral penting

Langkah Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Bhs yaitu hasil dari budaya. Oleh karenanya, satu karya sastra yang ada di satu daerah umumnya adalah hasil dari budaya daerah itu. Kesempatan ini, kita bakal mengulas satu diantara karya sastra yang classic, serta miliki style khas yang buat dia lain dari yang lain, yakni hikayat. Anda pasti tidak asing lagi dengan Hikayat Hang Tuah kan? Hikayat yaitu type prosa, narasi Melayu lama yang menceritakan kebesaran serta kepahlawanan orangorang terkenal, seperti beberapa raja maupun beberapa orang suci di sekitaran istana dengan semua kesaktian, keanehan, serta serupa narasi histori atau membuat kisah hidup. Ciriciri hikayat serta karya sastra lama yaitu :

beberapa besar berbentuk sastra lisan

anonim

komunal

statis

tidak berangka tahun

istana sentris

Dalam hikayat umumnya dilukiskan peperangan yang dahsyat, tempat beberapa raja atau dewa tunjukkan kesaktiannya dlam memperebutkan kerajaan atau seseorang putri. Berikut sebagian contoh hikayat yang ada :

Hikayat Aceh

Hikayat Abdullah

Hikayat Abu Nawas

Hikayat Abu Samah

Hikayat Amir Hamzah

Terkecuali sebagian hikayat diatas, ada banyak lagi hikayat yang telah ada di Indonesia mulai sejak dahulu. Dari hikayathikayat itu, beberapa hal yang dapat anda tekuni. Dalam tiap-tiap hikayat terdapat beberapa pesan moral yang dapat bikin anda semakin bijak sesudah membacanya. Membaca karya sastra Melayu Classic bakal makin perbanyak pengetahuanmu mengenai keindahan hasil seni budaya ini. Terkecuali hikayat, bentuk karya sastra lama pada Angkatan Melayu Classic yang lain yaitu narasi panji, narasi berbingkai, tambo, epos, serta dongeng (fabel, legenda, mite, sage, serta parabel). Masingmasing karya itu miliki kelebihan yang tidak sama keduanya. Bila anda, sukai narasi sastra Melayu yang mana?

Leave a comment